Pages

Selasa, 05 Oktober 2010

Bahaya Narkoba

Penyalahngunaan narkotik dapat mengakibatkan :

v Gangguan pernafasan atau jantung, pusing pusing, rasa mual mau muntah, sukar tidur, kadang kadang kejang. Bila dihentikan penggunaannya secara tiba tiba, mengakibatkan depresi, rasa sedih, bingung, panik, putus asa dan rasa lelah yang sangat.

v Timbul gangguan kejiwaan seperti, sikap acuh tak acuh, masa bodoh, malas, kurang bergairah serta menurunnya kemampuan dalam menghadapi/memecahkan masalah.

v Gangguan fisik, berupa gatal gatal, batuk dan bronchitis.

v Tertular HIV AIDS akibat dari penggunaan jarum suntik yang terinfeksi HIV AIDS.



Penyalah gunaan obat adalah pemakaian obat secara berulang kali atau terus menerus tanpa petunjuk dokter sebagai pihak yang berwenang dalam bidang itu.

Akibatnya timbul gangguan kesehatan pada tubuh dan mental/jiwa seseorang, dengan akibat akibat sosial yang tidak diinginkan serta merugikan.

Gangguan nyata dari penyalahgunaan obat ini ialah timbulnya ketergantungan fisik-mental terhadap obat itu

Obat apapun merugikan apabila dipakai secara berlebihan. Bahkan akan lebih berbahaya bila diminum dalam bentuk campuran dengan alkohol(minuman keras) sebagaimana sering dilakukan oleh sebagian remaja dan dapat menimbulkan kematian.

Selain itu, obat juga dapat merugikan bila dipergunakan oleh orang yang alergi (tidak tahan) terhadap suatu obat meskipun dalam jumlah yang sedikit.

0 komentar:

Posting Komentar